index

Judul                     : Hujan       

Pengarang           : Tere Liye

Jumlah Hal           :320 hal

Tahun Terbit        : 2016

Penerbit                : Gramedia

Sebuah novel yang bisa membuat saya gemas saat membaca ceritanya. Hujan karya Tere Liye. Mari, sedikit akan saya ulas isi buku ini.

Novel ini menceritakan kejadian di tahun 2024. Dimana teknologi sudah sangat canggih. Semua alat yang dibutuhkan dalam kehidupan menggunakan mesin. Tokoh utama dalam cerita ini adalah Lail dan Esok. Dua anak remaja yang masih duduk dibangku sekolah menengah pertama.

Mereka dipertemukan oleh bencana yang maha dahsyat. Sebuah gunung merapi meletus hebat saat mereka berada ddalam kereta api bawah tanah. Letusan itu mengalahkan kekuatan letusan gunung Tambora dimasanya, yang waktu itu abunya sampai kebenua tetangga.

Dari bencana maha dahsayat itu dua tokoh utama; Lail dan Esok termasuk penduduk yang selamat dari sedikit penduduk lainnya yang berada dikota yang sama. 4 saudara esok meninggal hanya ibunya yang bertahan hidup, sedangkan kedua orang tua Lailpun ditelan bencana tersebut.

Seusai bencana itu, mereka tumbuh bersama. Tinggal di tenda di lapangan terbuka. Lama berselang Esok diangkat menjadi anak oleh wali kota karna dia tumbuh menjadi pemuda yang jenius, sedangkan Lail masuk panti asuhan dan dipertemukan dengan Maryam, yang menjadi teman dekatnya selama 7 tahun terakhir. Lail dan Masrayam berubah menajadi perempuan muda yang tangguh dan berkeinginan besar menjadi seorang relawan tanggap bencana.

Dipenghujung cerita. Esok membuat sebuah kapal luar angkasa untuk menyelamatkan populasi manusia. Bumi terancam mengalami kekeringan. Suhu bumi akan mencapai 80 derajat. Tidak akan ada manusia yang mampu hidup dalam kondisi yang sepanas itu. Hanya ada 10.000 manusia dengan beragam genetik yang bisa selamat ikut. Esok mendapatkan dua tiket. 1 tiket untunya sebagai profesor yang dibutuhkan dalam kapal tersebt, 1 tiket lagi merupakan hasil undian, karena dia terpilih menjadi salah satu dari 10.000 orang itu.

Bagaimana dengan lail? Lail memutuskan untuk menghilangkan semua cerita dalam memori otaknya, dan…

Pasti anda akan merasa penasaran dengan detail lengkap dari novel “Hujan” karya Tere lie ini. Meski buku ini tidak terlalu banyak menggambarkan kecanggihan teknologi, namun ceritanya mampu mengaduk-aduk perasaan anda.

Bahasa yang digunakan dalam novel ini sangat sederhana, mudah dipahami siapa saja, bahkan bagi pembaca pemula. Menggunakan alur maju dan tidak bertele-tele. Sebagai buku yang nge-pop, buku ini sangat laris di pasaran. Ditahun pertama terbitnya buuku ini, kini menyabet buku dengan penjualan terbaik no 9 di tahun 2016 dan terus merangkak naik.

Jika anda ingin di bawa beimajinasi ke masa kehidupan dengan teknologi canggih, dan jika anda ingin mengaduk-ngaduk perasaan anda. Buku ini saya rekomendasikan untuk segera dibaca buat kamu pecinta buku fiksi.

Dari awal bab, anda akan merasakan terbawa langsung menjadi tokoh utama dalam cerita pada buku Hujan ini. Dibuat greget dan sekin menggebu diakhir ceritaya. Penuh tanda tanya tentang kehidupan tokoh utama di hari-hari berikutnya.

Selamat membaca ^_^

 

 

Iklan