13516707_1080826965316525_8921382307592611929_nTahu tidak rupanya membaca mampu mengasah kemampuan berfikir otak? Jika kamu seorang pelupa, maka membaca bisa menjadi penawarnya. Dengan membaca kita akan mendapatkan informasi baru yang mungkin tidak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Benar adanya kalau katanya buku itu adalah jendela dunia.Dari buku siapa saja bisa mengetahui duni tanpa harus pergi ketempatnya langsung.

Berkaitan dengan buku, Gerakan Kampung Membaca (GKM) kembali digulirkan sebagai upaya meningkatkan minat baca anak-anak di daerah. Memasuki kali ke 51, GKM kembali digelar di Kampung Pasirwaja.

Pada hari Rabu, 29 Juni 2016. GKM kali ini bertepata dengan kegiatan #NgabuburitRasaLiterasi. Sebuah acara yang digagas kawan-kawan Taman Baca AIUEO Komunitas Ngejah untuk meningkatkan kemampuan menulis anggota dengan memanfaatkan media internet berupa blog.

GKM menjadi agenda wajib yang diikuti peserta pelatihan. Dalam kegiatan ini peserta pelatihan ikut berbaur dengan peserta GKM dari kp. Pasirwaja.

Tidak kebetulan kalau relawan pada GKM ke 51 ini sangat banyak. Selain peserta pelatihan #NgabuburitRasaLiterasi, GKM juga diikuti oleh panitia Reading Community Competition dari Gramedia Media utama.

Perjalanan GKM diawali saat hari mulai sore. Jam 15 WIB. Namanya juga ngabburit, jadi kegiatan GKM dilaksanakan saat sore hari. Cuaca sedikit mendung. Mski demikian relawan tetap melajutkan perjalanan.

GKM adalah upaya meningkatkan minat baca anak-anak dan masayarakat. Seperti biasa, relawan membawa buku dalam tas besar. Pada pelaksaannya buku itu dibagiakan pada peserta dan dibaca secara bersama sesuai kelompok usia mereka. Relawan menjadi tim pelurus kalau-kalau ada yag tidak dipahami daribku yang dibaca oleh peserta.

Membaca bersama dilaksanakan selama 30 menit. Untuk membangun keceriaan, diselipkan juga dongeng dongen boneka tangan. Kegiatan ini mampu menyita fokus peserta sehingga saat membaca mereka sudah siap.

Sedangkan tim Gramedia bertugas mengambil gambar dari setiap momen dalam kegiatan GKM. Beberapa kali dilakukan sesi wawancara tokoh setempat.

Kegiatan GKM diakhiri dengan poto bersama. Waktu sudah mennjukan jam 17.00 WIB sesaat sebelum waktu buka puasa relawan pamit dan kembali ke sekretariat Komnitas Ngejah.

Iklan