IMG_1953

Kali ini saya mengunjungi pantai pasir putih di ujung kabupaten Sumbawa Barat. Pantai ini terhampar luas dari mulai ujung pelabuhan Pototano, sampai ke desa Kertasari. Nah, untuk lokasi tepatnya yang saya kunjungi adalah pantai yang berdekatan dengan pelabuhan Pototano,

Sebelum sampai ke pesisir pantai, saya melewati padang gersang, dimana pohon-pohon mengering, di samping kiri kanan saya melihat banyak bukit-bukit kering, ada Tower pemancar alat telekomunikasi disana. Sepertinya tower yang berdiri itu adalah Tower dari XL.

Perlu di ketahui juga, kalau di Sumbawa Barat katanya, 92% warganya pengguna XL. Begitulah tulisan di dinding-dinding bangunan yang sering saya jumpai di beberapa loksai di Sumbawa Barat. Hal ini terbukti dengan kuatnya sinyal provider tersebut. selain itu kartu yang dijual dipasaranpun hanya ada XL dan simpati #bukanIklan.

Barulah sampai di pesisir pantai, keindahan alam yang maha keren dapat kita nikmati. Saya bisa melihat Rinjani dengan jelas, meski sebenarnya saya sering melihatnya dari ujung bukit Mantar. Kalau dari pantai pasir putih ini, saya bisa melihat dari akar sampai ke pucuk, kurang lebih seperti itu saya bisa mengungkapkannya. Sedangkan jika dilihat dari Mantar Rinjani tidak nampak tinggi, mungkin karena faktor sayanya yang ada di atas Mantar juga. Di pasir putih ini, Mentari saat terbenam pun sangat jelas.

Pantai Pasir Putih memiliki keindahan yang tak terpelihara. Meski di depan mata banyak menyuguhkan keindahan, namun lokasi ini belum di perhatikan sepenuhnya oleh aparatur yang berwenang. Masih ada saja sampah yang dapat di jumpai di pesisir pantai. #Sampah di mana-mana.

Lokasi wisata domestik ini masih sangat sepi pengunjung. Para pengunjung datang hanya di waktu-waktu tertentu, seperti saat libur lebaran. Di hari-hari biasa, beberapa orang asli daerah  pototano saja yang bermain ke pantai ini, hanya untuk sekedar main air, karena disini tidak adak tempat untuk berteduh, so, panas sekali.

IMG_20150917_175351

Kondisi pantai saat sore hari memang menyuguhkan sejuta pesona. Tepat di depan mata, terdapat pulau-pulau kecil, dan juga Gunung Rinjani. Indahnya saat matahari mulai terbenam. Karena desir ombak semakin pelan, dan alam semakin sepi. Saya merasa sudah saatnya untuk kembali mencari tempat peristirahatan.

Masih banyak pantai indah lainnya yang akan saya kunjungi. Mari mengeksplor Sumbawa Barat. 😉

