Jpeg

Biasanaya anak-anak kelas IV di SDN mantar suka ribut kalu sedang belajar, baik itu saat aktifitas guru menerangkan ataupun saat menulis. Sering saya mengingatkan mereka untuk tidak ribut, namun mereka tidak menghiraukan saya.

Kondisi ini menuntut saya untuk membuat cara agar mereka tenang saat belajar, minimal pada saat mencatat. Saya bawa laptop dan soud kecil ke dalam kelas. Kegiatan pembelajaran di awali dengan berdoa bersama dan senam otak. Respon anak sangat baik. Mereka anrusias untuk mengikuti semua intruksi yang saya minta. Saya juga menyampaikan bahwa di pembelajaran kali ini, setiap anak yang tenang dan mengikuti pembelajaran dengan baik, akan mendapatkan bintang prestasi.

Pembelajaran pun di mulai, saat saya tanya pembelajaran di pertemuan sebelumnya mereka antusias mengacungkan tangan dan menjawab setiap pertanyaan. Sayapun menjelaskan materi selanjutnya tentang tulang, materi yang bisa di peragakan dengan mudah, karena semuanya sudah ada di dalam tubuh.

Kegiatan menulis di mulai, saat mereka menulis biasanya sambil ngobrol, ada juga yang mengganggu temannya yang lain. Saya mencoba untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dari anak-anak. Sebuah instrumen berjudul “sunday” saya putar. Semua anak menulis dengan tenang dan menikmati musik yang sedang saya putar.Keributan yang sering saya dengar, alhamdulillah pada kesempatan pembelajaran kali ini semua tenang dan antusias.

