Ujian Nasional akan serentak dilaksanankan pada 13 April 2015. Namun masih ada siswa/I yang merasa takut untuk  menghadapi UN ini, meskipun UN tidak lagi dijadikan rujukan satu-satunya dalam menentukan kelulusan siswa. Siswa beranggapan bahwa UN merupakan momok yang sangat menakutkan.

C360_2015-03-28-09-13-27-212

Untuk mengurangi ketegangan tersebut para guru dari Sekolah Guru Indonesia memberikan terapi khusus berupa Training Motivasi dengan tema “to be a success life”. Training motivasi yang di gagas para guru muda ini direncanakan akan dilaksanakan di semua sekolah tinggkat atas di KSB. Selain itu Training Motivasi sepanjang tahun 2015 dengan tema yang berbeda-beda di sesuaikan dengan kebutuhan siswa. “Kalau saat ini kami fokus dengan materi Kiat sukses menghadapi UN dan berbagi pengalaman selama di Kampus” sahut pipit sebagai salah satu guru SGI yang di tempatkan di kelanir.

SMAN I Pototano dan SMAN I Seteluk menjadi tuan rumah pertama yang mendapatkan manfaat Training Motivasi tersebut. Training Motivasi dilaksanakan di sekolah-sekolah tersebut, dengan jumlah siswa mencapai 200 siswa. Antusiasme para siswa untuk mengcarger diri dalam kegiatan TM ini tidak bisa di bendung, terbukti dari banyaknya jumlah peserta dan keinginan mereka dalam bertanya saat kegiatan berlangsung. “Saya merasa bangga melihat semangat anak-anak di KSB. Motivasi mereka untuk menjadi putera daerah yang sukses sangat tinggi. Bahkan mereka menulis mimpi-mimpi mereka untuk membangun KSB yang lebih baik di masa depan” tutur Elis, guru SGI yang di tempatkan di Tongo, kecamatan Sekongkang, yang sekaligus pemateri Training Motivasi.

Siswa/i dari sekolah tersebut merasakan kebahagiaan. Mereka melepas perasaan negative yang ada dalam fikiran mereka. Para siswa/i juga mengaku merasa lebih siap untuk menghadapi Ujian Nasional setelah mengikuti kegiatan TM terebut. Guru dari Sekolah Guru Indonesia tidak hanya memberikan trik sukses menghadapi UN, tapi berbagi penglaman serta kiat sukses mendapatkan beasiswa di kampus-kampus favorit. Hal ini membuat para siswa semakin optimis melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“saya merasa senang telah mendapatkan inspirasi dari kakak-kakak guru SGI. Mereka masih muda tapi banyak ilmu dan pengalaman yang luar biasa”. Tutur Ica, salah satu peserta TM dari SMAN 1 Pototano. Dia menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan seperti TM ini menambah semangatnya. “ kegiatan Training Motivasi seperti ini jarang sekali kami dapatkan, jadi dengan adanya kakak guru SGI kami sangat berterimakasih. Kalau bisa di adain lagi Training Motivasi di tahun berikutnya” tambah Ica

Para guru SGI berharap kegiatan ini bisa memberikan semangat baru untuk para siswa/i dalam belajar dan memupuk motivasi diri. Dukungan dari pihak sekolah tentunya menjadi kunci agar mereka dapat melaksanaakan kegiatan TM berikutnya dengan sukses.

C360_2015-03-28-09-26-04-827 C360_2015-03-28-12-50-03-336

Iklan