Jpeg

Keindahan alam provinsi NTB tidak ada habisnya. Dari ujung lombok sampai ujung sumbawa, pantainya terhampar luas. Tahun ini saya bisa menikmati keindahan Pulau sumbawa yang eksotis ini. Sebelumnya saya hanya bisa mendengar dari kabar di TV ataupun melihat peta. Berbeda dengan sekarang. Keindaha. Itu tampak jelas di depan mata.

Salah satu yang menarik dari sumbawa adalah pulau Bungin. Pulau dengan penduduk terpadat di dunia. Ada 941 kk yang tinggal di pulau Bungin, jumlah penduduk menurut survey terakhir,
Desember 2014 mencapai 3184 penduduk sedangkan luas wilayahnya hanya 9 hektar.

Anda tentunya mengenl suku Bajo. Otang lebih mengenal bahwa sumu bajo ini berada di Sulawesi, Wakatibi tepatnya. Penyebaran suku bajo tidak hanya di Sulawesi. Hampir di sekuruh peIsisir pantai atau pulau di Indobesia terdapat suku Bajo. Mereka tinggal di lautan dengan pola hidup yang hampir sama.

Suku Bajo- Bungin tidak seutuhnya tinggal di atas lautan. Mereka menimbun perairan laut dengan karang-karang mati, dan selanjutnya baru bisa membangun rumah huniannya. Setial keluarga baru yang ingin menetap di pulau ini tentunya harus siap-siap mencari karang-karang. 😉
Hewan yang menjadi teman akrab warga adalah kambing. Pulau ini bersih dari pepohonan sehingga kambing-kambing yang hidup di sini mendapatkan makanan dari limbah keluarga berula sampah kertas bahkan pelastik pun dilahap habis.

Suku bajo yang tinggal di Bungin merupakan keturunan asli dari Bajo yang ada di Sulawesi. Untuk tahun ini mereka memiliki presiden Bajo. Pak Amril namanya. Dia adalah presiden Bajo yang memimpin di tahun 2015 ini. Dia merupakan keturunan asli Bajo wakatobi.

Seperti ini lah kondisi tempat tinggal suku Bajo yang berada di Bungin, kecamatan Alas, kabupaten Sumbawa Besar. Rumah penduduk di kelilingi lautan. Namun sejak tahun 2000 M mereka lebih mudah mendapatkan akses ke kota, karena jalanan dari pulau ke bibit pantai sudah di bangun.

image

Menurut pemerintah setempat, sebentat lagi pulau Bungin akan di jadikan salah satu aset wisata bagi para touris. Pembangunan di terus dilakukan. Seperti di ointu gerbang masuk kini sedang di bangun musium khas suju Bajo-Bungin.

Selamat berwisata para pelancong. Selamat menikmati keindahan alam Sumbawa 😉

Iklan