Sering kamu merasa bosan dengan kegiatan sehari-hari ? Kadang galau tak menentu ?
Sebuah kondisi yang sudah biasa terjadi pada kita sebagai manusia. Seperti apapun kamu menutupinya, suatu saat kamu selalu tidak tahan untuk mencurahkan rasa bosan atau galau pada teman, saudara, serta orang tua.

Curhat boleh, tapi jangan berlebihan. Apalagi jika kamu selalu ingin di mengerti. Rasa ingin selalu dimengerti itu adalah kondisi dimasa kita masih kecil. Seharusnya perasaan seperti ini sudah tidak terjadi pada kita selaku orang “dewasa”.

Sadari, hayati, dan maknai. Barangkali sifat di bawah ini masih ada dalam diri kita. Bahkan sangat kuat tertanam ?

1. Di dengar
Ingin selalu di dengar. Ini adalah tabiat anak. Sering saya temui anak bercerita panjang lebar, itupun kalau mereka sudah kenal dekat. Mereka menumpahkan semua isi hatinya dan sebagai orang yg lebih “dewasa” kita harus mendengarkannya dengan seksama.

2. Di turuti
Semua hal yang dia lihat, yang dia rasa maka itu harus menyenangkan hatinya.
Anak selalu memaksa, karena yang dia pikirkan  adab rasa “senang”. Hidupnya untuk bahagia. Jadi semua yang di inginkan harus di dapat. Sehingga tugas orang “dewasa” untuk menjelaskan mana yang boleh dan mana yang tidak. Hal ini berkaitan dengan penanaman Moral Judgement. Bisa kita simpulkan jika orang yang seharusnya sudah dewasa tapi masih ingin di turuti keonginannya, Moral Judgement yang dia dapatkan belum beres di usianya.

3. Tidak sabaran
Masih ingat dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

التَّأَنيِّ مِنَ اللهِ وَ العُجْلَةُ مِنَ الشَّيْطَانِ

“Sifat perlahan-lahan (sabar) berasal dari Allah. Sedangkan sifat ingin tergesa-gesa itu berasal dari setan.” (Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Ya’la dalam musnadnya dan Baihaqi dalam Sunanul Qubro. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shoghir mengatakan bahwa hadits ini hasan)
Jika masih tergesa-gesa berarti kita belum bisa nengendalikan diri sendiri. Setan masih kuat menguasai diri kita. Padahal  rasulullah juga berkata bahwa dalam diri manusia itu terdapat 2 sifat baik, yaitu sabar dan tidak tergesa- gesa.

Iklan