Sudah tercitra dalam bayangan keindahan alam Kabupaten sumbawa Barat. Baru mendengan cerita saja seperti tampak jelas bahwa KSB yang merupakan kabupaten bagian Nusa Tenggara Barat banyak menyimpan keindahan alam.

Menurut peta yang saya lihat dari Google Maps, di gambarkan bahwa KSB merupakan destinasi pertama yang bisa kita kunjungi setelah lombok. Di KSB lah kapal-kapal akan berhenti, karena disini letak darmaganya.

g

Tempat destinasi saya tahun ini adalah Mantar. Datran tinggi yang terletak 4000 m di atas permukaan air laut. Suhu udara di sini cukup panas. Untuk mendapatkan air cukup sulit, menurut berita yang saya dapat, jika saya ingin mandi ataupun mendapatkan air, maka saya harus melkukan perjalanan sekitar 200m. Dilokasi itu terdapat sumur yang airnya bisa saya manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebenarnya sudah banyak dilakukan pengeboran air tanah di lokasi mantar tersebut, namun seringkali pengeboran tidak bisa dilanjutkan, alasannya karena bukit  berbatu yang mengakibatkan bor tidak bisa mnenjangkau daerah kaya air.

Kita lupakan sejenak Mantar dari sisi negatif. Mantar pernah dijadikan lokasi pembuatan film “Serdadu Kumbang”. Sebuah film yang banyak menyita perhatian para pecinta film. Mulai dari film inilah Mantar menjadi cukup terkenal.

Sekarang mantar banyak dikenal sebagai desa Budaya, lokasi tepatnya KSB desa Mantar kecamatan Poto Tano sebagai desa budaya (http://www.pulausumbawanews.com/). Upaya pembangunuan situs budaya dan kesenian untuk menarik perhatian wisatawan sudah mulai dilaksanakan.

Ada apa saja di desa budaya ini? Sampai saat ini masih belum ada jawaban nyata. Hanya bisa menunggu tanggal 15 Januari 2015. Sampai bertemu di Mantar_KSB_NTB…..

