IMG_3457

Launching  Rumah Baca Anak Jampang. Tepat di hari minggu 16/11/2014 dilakukan penyerahan buku secara simbolis kepada kepala Rt 04 RW 06 desa jampang di halaman mesjid An-Nur Oleh perwakilan mahasiswa Sekolah Guru Indonesia angkatan 7 (SGI7)-Dompet Dhuafa. Kegiatan launching Rumah Baca Anak Jampang tersebut merupakan follow up dari kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. 

Mahasiswa  SGI7, sebelumnya telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, selama kurun waktu dua bulan. Mereka mengajar les anak-anak sekitar RW 06 RT 04 Desa Jampang, membuat apotik hidup, dan pengolahan sampah anorganik. 

Dengan dibentuknya Rumah Baca di tempat tersebut diharapkan bisa membantu warga sekitar, khususnya anak-anak untuk mendapatkan akses buku bacaaan yang mudah, karena sebelum-sebelumnya orang tua dari anak-anak yang selalu mengikuti kegiatan les, mengeluh dengan tidak adanya buku bacaan sebagai penunjang untuk belajar, Mereka harus memfotokopy buku panduan yang disediakan oleh sekolah.

Selanjutnya Rumah Baca yang sudah tersebut akan di kelola oleh Pak Riko. Pak Riko merupakan aktivis di kampung tersebut, sebelum kedatangan Mahasiswa SGI7, beliau merupakan guru les anak-anak di kampung sekitar. Pak Riko memberikan les pada anak-anak dengan cuma-cuma. Beliau menuturkan merasa terbantu dengan adanya mahasiswa SGI7 yang sudah mengajari anak didiknya, dan kini membantun terbentuknya Rumah Baca Anak Jampang.

Tempat yang digunakan sebagai Rumah Baca merupakan Rumah Pak Riko yang selama ini digunakan les oleh anak-anak sekitar lokasi. “Saya berharap bantuan pembentukan Rumah Baca Anak Jampang ini, bisa memfasilitasi anak untuk mendapatkan akses buku bacaan sebagai penunjang panduan belajar disekolah, sehingga anak yang kurang mampu untuk membeli buku panduan bisa meminjamnya disini” tutur pak Riko ketika mengakhiri kegiatan launching Rumah Baca.

Selain bertujuan untuk menyediakan bahan bacaan, mahasiswa SGI7 juga berharap agar masyakat gemar membaca dan menulis, sehingga bisa meningkatkan pengetahuan di segala bidang. 

 

Iklan