Training For Teacher merupakan salah satu bagian dari tugas mahasiswa SGI angkatan 7. Kegiatan ini diperuntukan bagi guru-guru di sekolah tempat magang mahasiswa SGI. Karena ini adalah bagian dari tugas, maka setiap mahasiswa SGI harus melakukannya, begitupun dengan saya dan kedua rekan saya @Risty dan @Ulfa. Semangat siang!!!

menyampaikan materi Quantum teaching
menyampaikan materi Quantum teaching

Kegiatan TFT kami lakukan di khir magang. Tempat kami magang adalah SDN Mekarwangi. Selama dua bulan kami belajar banyak di sekolah ini, belajar bagimana mendidik yang benar. Tidak terasa memang. Kini saatnya kami membagi ilmu yang kami miliki meski hanya sedikit.

Materi yang saya sampaikan berkaitan dengan pembelajaran yang menyenangkan. Quantum teaching, sebuah pembelajaran yang sudah familyar. Pembelajaran yang menyenagkan mestinya di dapat oleh setiap siswa. Sehingga melalui pelatihan semacam ini, diharapkan bisa memotivasi para guru untuk mulai mengubah gaya mengajar yang :”kabaheulaan”, menjadi gaya belajar yang kekinian.

Guru sudah tidak seharusnya mengajar hanya menggunakan cara ceramah, masih banyak cara yang lebih baik yang bisa memikat keinginan siswa untuk belajar. Nah melalui metode Quantum teaching adalah salah satu gaya mengajar yang bisa diterapkan oleh guru di dalam kelas.

DSC05418

Lihat saja para peserta pelatihan TFT ini. Guru-guru ini begitu antusias mengawali TFT dengan melakukan senam The Gummy bare. Tanpa malu, meski peserta sedikit (baca: 8 orang), tapi rasa senang tampak ketika bapak dan ibu guru ini melakukan gerakan-gerakan senam ala anak-anak dibarengi senyuman-senyuman kecil.

Seperti halnya di atas metode mengajar menggunakan quantum teaching akan sangat menyenangkan bagi sisiwa jika di terapkan di dalam kelas. Siswa menjadi tertarik untuk mengikuti pembelajaran selanjutnya, karen otek reptil mereka mulai terbuka akibat adanya rasa senang yang timbul ketika afersepsi.

peserta dengan tenang mendengarkan pemaparan tentang metode quantum teaching, dari mulai asas, prinsip, smpai langkah kerjanya. Pelatihan semacam ini bukan pertama kalinya untuk peserta (guru SDN Mekarwangi), sehingga beberapa guru sudah tidak asing lagi, dan mudah diajak berdiskusi.

Beberapa kali saya mengaitkan metode quantum teaching dengan menggubah beberapa materi ajar bagi siswa SD ke dalam bentuk nyanyiana. Hasilnya peserta selalu ingin mengulanginya.

DSC05438Untuk menggali kreatifitas para peserta, maka di tengah berjalannya TFT, saya memberikat tantangan bagi peserta. Peserta di bagi kedalam dua kelompok, dan dminta membuat sebuah liryk lagu dengan isi materi ajar bagi siswa SD. Setelah selesai dibuat guru menuangkannya kedalam benuk RPP dan di sampaikan di depan kelas. Ini adalah potet salah satu peserta, namanya Pak Romli, guru kelas V SD. Beliau menjadi guru model dari kelompoknya untuk mempresentasikan hasil karyanya.

Gayanya yang khas, membuat peserta lain tertawa kecil. Dan metode Quantum taching dapat disampaikan dengan baik dari mulai Tanamkan, alami, namai, demonstrasi, ulangi, sampai yang terkhir yaitu rayakan. Ketika beliau mepraktekan metode  pengajaran Quantum teaching, beliau menyelipkan sebuah lagi tentang Perubahan wujud zat dengan menggunakan nada lagu topi saya bndar. Dan hal ini sangat mudah untuk di ingat oleh peserta lainnya.

Waktu tidak terasa sudah menunjukan jam 12.00 WIB, saatnya untuk saya mengakhii TFT. TFT di akhiri dengan mengulangi materi, dan perayaan. Perayaan yang kami lakukan dengan senam yang sudah dilakukan di awal. Alasannya karena peserta ketagihan melakukan gerakan-gerakannya yang lucu, alias aneh 😉

DSC05456

See you next time bapak dan ibu guru… I hope we can meet again 😉

thank for today

Iklan