Siang begitu terik. Lama hujan tak turun membasahai bumi yang semakin panas. Tetesan peluh merembes mengisi serat-serat kain baju batik berwana biru. Gaduh. Diantara dia ada riuh suara anak yang sedang menikmati jam beristirahat.

Baju biru itu semakin basah. Tampak jelas di bagian punggungnya seperti genangan air. Meski demikian dia tetap menikmati hari-harinya sebagai guru. Panggil dia Reza, seorang guru muda. Kini dia sedang menikmati hari-hari bersama anak-anak barunya.

Sesekali disela melepas rasa panas karena seharian di ruang kelas, berdatangan anak-anak kelas rendah. Mereka menyalami tangan Reza yang hangat. Tak lupa salam dan sapa bergantian di lontarkan anak-anak dan Reza.

Tak terasa bel kelas sudah berbunyi lagi “tret,tret, tret” bebrapa anak berhamburan dari warung-warung kecil di samping sekolah. Lari tunggang langgang, masuk melewati pintu-pintu yang sudah tak terawat. Dan Mereka sudah siap untuk melanjutkan pelajran kembali.

Reza melanjutkan tugasnya sebagai guru. Mendidik anak didiknya dengan sepenuh hati, menyapa mereka dengan penuh bahagia. Semua siswa menyukainya, mengharapkan agar dia menjadi guru anak-anak itu untuk selamanya. Dan Reza tak bisa memenuhi permintan siswa yang satu ini.

Reza harus pergi, mendatangi anaknya yang lain. Sekolah yang kini dia tempati, itu hanya persinggahan sementara. Sedangkan perjalanan panjangnya akan dia buat di tempat lain. Tempat yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya. Daerah terpencil yang tak pernah dia jamah.

Meski siswanya harus menelan kecewa, inilah jalan hidup seorang guru. Harus berani mengambil pilihan. Reza hanya punya satu keyakinan. Jika hari ini siswanya sulit untuk melepas dia, akan ada Reza yang lain yang akan menempati hati siswanya. Seorang pendidik yang berkarakter dan bisa melanjutkan apa yang sudah dia tanam di sekolah tersebut.

Reza hanya titipkanh pesan untuk siswanya ” jangan berhenti bermimpi, tekunlah dalam belajar. Dan yakinkan bapak, jikalau hari itu tiba, kalian akan hadir di depan bapak dengan pribadi-pribadi yang sukses”

Iklan