Ayah tidak hanya menjadi pencari nafkah untuk istri ataupun anak. Seorang ayah memiliki peran-peran penting lainnya, terlebih dalam tumbuh kembang anak. Sosok ayah sangat penting untuk dijadikan model oleh anak. Sehingga tidak salah bila ada pernyataan “Satu Ayah lebih berharga dari 100 guru disekolah” – George Herbert

Kalimat ini bukan untuk menapikan pentingnya perjuangan guru-guru yang memiliki banyak jasa dalam perkembangan karakter anak.  Seorang ayah di rumah akan berdampak besar terhadap perkembangan karakter anak dikemudian hari. Bagaimana tingkah laku anak dirumah, itu semua akan terbawa di dalam kehidupannya di luar rumah, begitu pula di sekolah.

Menjadi seorang ayah tidak memiliki kelas khusus. Seorang ayah tidak harus cape-cape untuk sekolah di sekolah formal. Seorang ayah berperan untuk melakukan apa yang didapat dari kehidupan sehari-harinya dari orang tua yang sebelumnya sudah membesarkan dan mendidik ayah masa kini. Menjadi ayah masa kini yang mencontoh orang tua sebelumnya bukan berarti harus sama. Ayah masa kini harus peka meninjau situasi jaman.  Kebutuhan anak saat ini berbeda jauh dengan kebutuhan anak jaman dulu. Begitupun  dengan perlakuan sehari-hari. Jika pendidikan orang tua jaman dulu menggunakan kekerasan, maka pada saat ini hal demikian sudah sangat tidak lazim bahkan pasal-pasal larangan dengan ancaman hukuman berat.


Ayah adalah figur yang sangat pentng. Banyak anak menyimpang dari norma sosial “melakukan kenakalan remaja”, dan meyalahi aturan pemerintah salah satunya akibat dari tidak adanya peran seorang ayah dalam proses pertumbuhan anak tersebut. Ayah menjadi model kehidupan yang sesungguhnya. Melalui pendidikan yang diberikan ayah pada anaknya, disanalah anak pertama kali mendapatkan ilmu tentang kehidupan.

Relasi yang baik antara ayah dan anak akan sangat membantu sang anak untuk menuai sukses dikemudian hari saat dia memasuki dunia kerja.

Seorang anak perlu pelukan dan telinga dari ayahnya untuk mendengar, mengerti apa yang diceritakan sang anak.


“Seorang ayah mampu membantu menggerakan perekonomian dunia dan mensejaterahkan kehidupan yang lebih layak untuk kehidupan di BUMI ini” – Timothy Wibowo.

Di mata anak, ayah merupakan role model yang akan dia tiru dikemudian hari. Bagaimana ayahnya bertutur, bekerja keras, dan memimpin keluarga. Maka akan digambarkan dalam kehidupan anak setelah dia dewasa.

So marilah menjadi ayah yang bijak, yang bisa dicontoh oleh anak. But meski sekarang kamu belum menjadi ayah, ambilah ilmu senbanyak-banyaknya dari seorang ayah sejati. Tidak menutup kemungkinan untuk kamu amalkan dalam mendidik anak di sekitarmu.

 
Iklan