Sebuah video kekeraasan di kalangan siswa SD kini mulai menghebohkan dunia maya. Sasaran kekerasan adalah anak perempuan berkerudung. Dia di hantam dengan tendangan dan pukulan di badan oleh rekan-rekannya. Tidak ada perlawanan, hanya pertahnan dan menangis yang bisa anak tersebut lakukan.
Seorang anak perempuan terlibat sebagai pelaku, selain satu anak perempuan terdapat beberapa anak laki-laki lainnya yang terlibat dalam kekerasan tersebut. 
Sampai saat ini belum diketahui pasti apa yang sebenarnya terjadi. Sehingga membuat anak perempuan berjilbab tersebut kena marah dari rekan-rekannya. Berdasarkan beberapa informasi di situs online, peristiwa ini terjadi di SUMBAR tepatnya bukittinggi. Dan hingga saat ini yang berwenang sedang menyelidiki motiv penyiksaan tersebut.

Entah apa penyebab utamanya. Inikah prodak pendidikan saat ini?
Semoga saja hal semacam ini tidak terjadi lagi dikemudian hari. Bukan saatnya untuk siapa menyalahkan siapa ?. Tapi mari kita refleksi diri untuk memperbaiki pendidikan di waktu yang akan datang. Bisa jadi penanaman akhlak dan karakter belum sampai pada anak. Ingat ! tugas guru bukan hanya mentransformasikan ilmu umum, sehingga siswa menjadi cerdas akalnya. 
Ada tugas yang lebih berat untuk seorang guru. Tugas itu adalah memupuk karakter baik siswa. Sehingga siswa tidak hanya cerdas fikir, tapi juga cerdas hati. Pendidikan karakter sejak dini insyaallah bisa menjadi penghalan terjadinya  hal-hal buruk seperti kekerasan yang di lakukan anak-anak ini.

Iklan