Hari semakin sore, panas pun belum memudar. Masih terasa menyengat kulit. Selepas menunaikan kewajban sebagai guru, inilah aktifitas Guru SGI 7. Bergegas menuju lokasi pengabdian masyarakat di Jampang RW 06 RT 03_Bogor. Seperti tidak ada rasa lelah di pundak mereka. Meski mata tidak bisa membohongi, tapi semangat mereka untuk bertemu dengan anak-anak jampang begitu menggebu-gebu.
First day, First sight. Pandangan pertama, awal terjalinnya sebuah chemistry. Di mushola ataqwa Guru SGI berkumpul bersama anak-anak Jampang. Mereka belajar bersama. Nah yang menjadi relawan kali ini ada beberapa orang saja dari jumlah 30 Guru SGI. Orang-orang itu adalah :
Kak Abdi dari Medan. Dia sedang asik membimbing para pelajar kelas 5 & 6 SD. Beajar matematika jadi lebih asik. Anak-abak Jampang jadi lebih tertarik ketika belajar matematika dengan metode berhitung pake tangan. Selain itu banyak permainan disajikan supaya anak-anak yang ikut belajar tidak merasa bosan dengan pelajaran matematika.

Fun learning, membuat seluruh peserta benar-benar merasa fun ketika mengikuti pembelajara. Suasana yang adem, di pelataran mushola juga mendukung kegiatan pembelajaran tersebut.
Selanjutnya ada kak Sasni. Di sekolah dia lebih familiar dengan sebutan bu Januari. Penggemarnya cukup banyak. Bahkan konon katanya banyak anak-anak disekolahannya yang selalu memberi surat ucapan terimakasih ketika pembelajaran selesai. Memang guru yang di idamkan anak didik sepertinya.
Tidak salah kalau Kak Sasni ini di sukai anak-anak. Lihat saja cara dia bertutur, meski kadang nampak serius tapi jika bertemu anak-anak naluri keibuannya seketika muncul. Menyapa penuh senyum, mengajar dengan hati. Mungkin seperti itulah ketia dia berkumpul bersama peserta belajar. Peserta yang mengikuti pembelajaran menkmati setiap kegiatan waktu, gelar tawa ketika mereka bercengkrama bersama menjadi bvukti senangnya mereka ketika belajar bersama kakak Guru SGI.
Kak Restgha juga begitu. Membuat keceriaan bertambah ketika dinyanyikan lagu “Tepuk Kupu-kupu”. Semua anak serontak menoleh ke arah kak Restgha. Ini keceriaan ketika kak Restgha memimpin menyanyikan lagu “Tepuk Kupu-kupu”. Tangan-tangan kecil itu diangkat dengan penuh semangat. Tidak terkecuali beberapa anggota kelompok lainnya, nampak gereget ingin ikut dalam pembelajaran kak Restgha.

Menoleh ke sudut lainnya. Kak Ulfa sedang membimbing adik-adik kelas 1 & 2 belajar seputar nama hewan, tubuhan, dan buah-buahan. Pembelajaran dituangkan melalui permainan yang “Tebak nama”. Mereka memutar-mutar jari tangan, lalu menjatuhkannya dan menyebutkan abjad sesuai dengan jumlah jari yang terbuka. Kak ulfa menyebutkan ” A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K….”. Dengan cepat masing-masing peserta menuliskan nama buah, hewan, ataupun tubuhan yang mereka tahu di buku maing-masing. Kadang bertanya pada kaka-kakak fasilitaror yang lain.

Begitulah keriangan di hari pertama belajar bersama anak-anak Jampang. Nantikan Keriangan selanjutnya dengan kakak fasilitator yang berbeda yang keren-keren. Selamat beraktifitas kembali kakak. Semoga kalian bisa menjadi Inspiring Teacher untuk anak-anak Indonesia. Sesungguhnya sedikit keceriaan yang kalian berikan adalah pelepas dahaga untuk anak-anak disana.
Jadilah Mentari Yang Selalu Terang kakak
Meski Malam Meluputkanmu dari pandangan kami. 🙂
Iklan