Daur Air merupakan proses ketika air berubah menjadi Uap, kemudian terkondensasi menjadi awan, lalu terjadi penguraian akibat panas matahari, dan berubah menjadi air. Proses ini terjadi berkelanjutan. Berikut ini adalah pengamatan kecil-kecilan tentang proses daur air. Bahan baku  dan alat yang di gunakan sebagai berikut :
1. Aqua gelas
2. Plastik bening
3. Karet gelang
4. Es batu
Peserta dibagi kedalam kelompok. Maing-masing kelompok terdiri dari 5 orang. Semua kelompok aktif mencari bahan dan alat yang sudah ditentukan diatas. Lalu mereka melakukan langkah-langkah praktek. Ini dia langkah-langkah praktek:
1. Es batu dimasukan kedalam awua gelas yang sudah tidak ada airnya.
2. Aqua gelas dimasukan kedalam plastik bening, kemudian
3. Ikat plastik rapat-rapat
4. Letakan di bawah terik Matahari
5. siswa meakukan pengamatan.
Penelitian kecil-kecilan ini membuat peserta didik aktif mencari tahu prose Daur Air. Panas Matahari tidak dihiraukan. Seluruh peserta didik berdiskusi untuk mencari tahu jawaban dari setiap kejadian yang terjadi saat es batu terkena panas Matahari.
Mengamati Es batu di bawah sinar matahari
Setelah melaukan pengamata seputar kejadian yang terjadi pada es batu ketika kena sinar Matahari.  Seluruh siswa menyimpulkan hasil pengamatannya. Lalu mendiskusikan dengan kelompok lainnya. Kemudian masing-masing mempresentasikan hasil dari pengamatan yang sudah mereka lakukan.
Presentasi hasil pengamatan
Agar siswa lebih mantap dalam memahami materi tentang proses Daur Air. Peseta diajak untuk menonton video proses Daur Air, kemudian guru menjelaskan detail setiap stepnya. Hal ini dilakukan untuk penguatan agar siswa bisa yakin dengan penelitian yang sudah mereka lakukan. Mari saksikan videonya di sini->

http://www.youtube.com/watch?v=HU_P5w18H2o

Menyamakan hasil pengamatan dengan proses Daur Air yang sebenarnya.
Tibalah di penghujung pembelajaran. Siswa membuat kesimpulan dari kegiatan pembelajaran, dengan menuangkannya ke dalam komik atau gambar yang memiliki penjelasan. Seperti itulah kegiatan pembelejaran proses daur air. Kegiatan pembelajaran yang berkesan insyaallah akan selalu di ingat oleh siswa. Batlah kegiatan pembelajaran semenarik mungkin dengan metode terbaik yang bisa kamu lakukan 😉

Iklan