Setelah tiga musim berlalu, Pelatihan Jurnalisme Pelajar (PJP) kini kembali lagi. Kegiatan yang di gagas oleh para relawan Komunitas Ngejah ini sudah melatih pelajar SMP, SMA, dan sederajat untuk mengembangkan diri dalam dunia media. Dengan harapan agar pelajar melek media, meski kemampuan dan keberadaan pelajar di kampung tidak terlalu terekspos.
PJP berlangsung selama 3 hari. Tahun-tahun sebelumnya antusiasme peserta PJP cukup tinggi. Pengisi kegiatan merupakan relawan-relawan dari berbagai komunitas ataupun media yang ahli dalam bidangnya. PJP IV mewadahi minat pelajar dalam 4 bidang, yaitu : Writing, blogging, audiovisual, dan fotografi.
Selama 3 har pelatihan, peserta ditempa dengan pemahaman materi, dan praktek langsung. Bidang menulis melakukan praktek langsung dengan menuliskan berita yang terjadi di sekolah atau berupa cerpen. Sedangkan bidang blogging praktek membuat blog, dari mulai pembuatan email sampai bagaimana membuat detail fitur yang ada pada blog. Praktek blogging agak sulit, karena menggunakan jaringan internet. Untuk mensiasatinya relawan Komunitas Ngejah melakukan praktek blogging di warnet Pasirjonge- Singajaya, jaraknya lumayan jauh dari lokasi pelatihan, sehingga peserta yang cukup banyak harus menunggu antrian. 
Bagaimana dengan praktek bidang audiovisual ?
Panitia menyediakan Camera, dan perlengkapan lainnya, tapi kalau ga cukup peserta PJP bisa memanfaatkan fasilitas pribadi. Rata-rata Para pelajar menggunakan Hand Phone yang memiliki kamera, meski kameranya masih VGA. Tapi mereka tetap semangat, semangatnya 45 :). HP digunakan untuk merekam gambar. Selain merekam gambar, mereka juga dilatih bagaimana pengeditan video menggunakan soft ware yang sederhana, seperti Movie Maker. Nah yang terakhir adalah fotografi. Sama seperti audiovisual. Bidang ini memanfaatkan Hand Phone yang mereka miliki, dan selanjutnya dilakukan editing sederhana.
Semua praktek tersebut tentunya dibawah bimbingan, dan pengawasan ahli di bidangnya. PJP tidak berakhir di sana, selanjutnya peserta yang memiliki minat kuat dalam dunia jurnalistik diwadahi dalam JPeGS (Jurnalis Pelajar Garut Selatan). Beberapa tulisan yang layak terbit di kirimkan ke media-media cetak daerah. Alhasil mereka bisa mengasah bakatnya lebih matang lagi. So that why, you must join with Komunitas Ngejah dalam Pelatihan Jurnalis Pelajar IV. 🙂

Terus kapan pelaksanaan PJP IV ?

Cek disini nih kawan ->>> http://komunitasngejah.wordpress.com/

SAATNYA
” Yang Muda Yang Bermedia “
Iklan