Alat peraga memang bukan segalanya dalam proses pembelajaran. Tapi alat peraga akan sangat membantu untuk memahamkan pelajaran yang kita sampaikan pada siswa. Membuat alat peraga tidak harus merogoh uang banyak. Kita bisa memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai. Bahkan bahan-bahan alampun sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk dijadikan alat peraga.
Masih bingung buat alat peraga? merasa kurang kreatif ? Bagaimana caranya membuat alat peraga dari barang bekas ?. 
Baiklah, kali ini saya akan mencontohkan alat peraga yang saya buat bersama teman-teman satu tim, untuk membantu menjelaskan mata pelajaran PKN. Alat peraga yang saya buat mengambil tema ” Bhineka Tunggal Ika” kalau judul dalam diktat sekolah “Keragaman Agama”. Nah, berikut ini  akan saya jelaskan tahapan pembuatan dari mulai alat, bahan, dan bagaimana proses pembuatannya.
Alat-alat :
Gunting, Penggaris, da Pisau cuter.
Bahan :
Karton sisa( warna: Hijau, Biru, Coklat, dan kunig muda), Kardus, Selang(sedotan), Double tip, lem fox, kertas putih, dan gambar (manusia, tempat ibadah) di print.
Proses pembuatannya sebagai berikut:
Pertama, gelar karton warna hijau sebagai alas. Warna hijau lebih menarik, yang kita anologikan sebagi rumput. Kedua, membuat pagar dari potongan kardus. Lebar pagar 2 cm, kemudian di tempeli karton dengan warna bebas sesuai keinginan. Potongan karton disesuaikan denga potongan kardus. ketiga, membuat gerbang masuk. Di gerbang masuk ini terdapat tulisan “Bhineka Tunggal Ika” sesuai tema yang saya angkat. Pada dua sudut alat ditempel dua tiang dari dus yang sudah di gunting. Tinggi tiang kurang lebih 15 cm. Selanjutnya buat tulisan “Bhineka Tunggal Ika”, lalu tempelkan pada tiang yang tadi. Keempat, membuat konten dari tema yang diangkat, yaitu tempat ibadah. Gambar yang sudah di print di tempel pada kardus, kemudian di gunting sesuai bentuk gambar. Tujuannya agar gambar bisa tegak berdiri. Di bagian belakang gambar diberikan penyangga. Selain konten utama, kita bisa memberikan pernak-pernik lain agar lebih menarik.
Selain untuk menjelaskan mata pelajaran PKN. Alat peraga ini bisa di gunakan untuk penjelasan mata pelajaran agama. Dan cara membuatnyapun super simle. Jadi jangan bilang “sulit” lagi ya. Saya yakin, kalau anda mau mencoba dan berusaha, anda bisa membuat alat peraga di setiap pertemuan pembelajaran. Bahkan alat peraga yang anda buat bisa lebih bagus dan inovatif. 
So,,, tunggu apalagi, selamat mecoba, semangat selalu, dan tuangkan ide kreatifmu untuk mendidik siswa dengan sepenuh hati. You are The Best Teacher 😉
Iklan