Sekolah dasar SDN Mekarwangi_Parung_Bogor menjadi tempat singgah sementaraku mulai hari ini 22 September 2014 sampai nanti tanggal 15 November 2014. Mengawali pertemuan denga bertemu beberapa guru dan mengakrabkan diri dengan mereka seharian penuh.
Di sekolah ini saya ditemani teman-teman satu tim, yaitu Ulfah from Medan, dan Risty from Klaten. Bersama merekalah saya akan belajar mendidik anaknya manusia. Kegiatan mengajar ini merupakan bagian dari program pembinaan Sekolah Guru Indonesia. Sebelum nantinya kami ditempat dipelosok negeri. 
Hari pertama disekolah cukup menarik. Antusiasme anak didik tidak terbendung atas kedatangan kami. Mereka senang dan saya berfikir ini adalah langkah awal untuk memasuki dunia mereka. Ada alasan yang lain mengapa mereka senang dengan kedatangan kami. 
” Guru dari SGI itu deket dengan siswa didik, sehingga mereka selalu dikenang. Terlebih Pak Hendra “.
Begitulah testimoni Ibu May yang dituakan di SD tersebut. Setelah saya crossscek, memang benar adanya. Mas Hendra menjadi Mahsiswa SGI favorit anak-anak. 
Setiap kali saya perkenalan ke kelas bersama tim dan bertanya seputar kesan peserta didik tentang Guru dari SGI, tahukah siapa nama yang pertama mereka sebut  ?
“Pak Hendra, pak hendra”. Begitulah tutur beberapa anak di setiap kelas berbeda.
Ini menjadi motivasi tersendiri bagi saya. Setidaknya ada sesuatu yang bisa saya beri untuk peserta didik saya nanti yang bisa membuat mereka terkesan dan mengingat keberadaan saya dan teman-teman satu tim di SDN Mekarwangi. Pak Hendra sudah memberikan hal positif yang bisa mereka ingat. Maka hari ini adalah tugas saya membuat kenangan baik dalam memori mereka. Tentunya dengan cara saya sendiri, yang saya bisa 😉
Dikelas pertama saya mencoba untuk membuat kesan itu. Bahwa belajar itu menyenangkan. Bahwa saya bisa menjadi guru yang menyenangkan bagi anak didik, sehingga mereka tidak lari, dan menghindar ketika saya menjadi guru bagi mereka nantinya.
Inilah cara yang bisa saya lakukan dikelas perdana saya. Ketika menggantikan guru yang tidak hadir, mengajar matematika. Pendekatan dengan membangun keceriaan dikelas. Membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajran, bersenang-senang agar mereka mudah menyerap ilmu yang saya tranfer. This is Fun Class 🙂

Kelasnya manusia. Kelas Ceria. 😉
Bagaimana dengan kelasmu kawan ???
Iklan