PAIKEM merupakan salah satu model pembelajaran yang asik jika di terapkan. Hari ini kami mempelajari metode pengajaran PAIKEM. Dengan pembelajaran PAIKEM kami dituntut untukaktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan. Bersama Pak Ari Ariyansyah, pembelajaran ini kami dalami.
Saya kira hanya saya yang menikmati kelas PAIKEM ini. Ternyata teman-teman yang notabennya lulusan pendidikan, rupanya sama-sama menikmati kelas yang memang menuntuk kreatifitas ini. Metode PAIKEM tidak dibatasi usia. Metode ini bisa digunakan di kelas Usia dini bahkan sampai perkuliahan.
Khusus disini. Pengembangan inovasi dan kreatifitas kami diuji. Tidak ada beban ketika kita menyelsaikan tugas yang ada. Kenapa ? ini alasannya. 
Kondisi kelas yang menyenangkan, membuat otak kami rileks. Sehingga tugas seberat apapun dapat diselesaikan dengan mudah. Jika kita plasback ke belakang, kita buka lagi buku Biologi. Dalam pelajaran biologi dijelaskan bahwa ada 3 bagian otak dalam kepala manusia.
Otak apa sajakah itu ?
1. Otak Reftil
Otak Reftil merupakan pintu gerbang masuknya informasi-informasi.  Maka pengkondisian kelas yang tenah, dan fun dapat menstimulus bagian otak yang lainnya. Di awal pertemuan sebelum memasuki materi utama, maka otak reftil harus dimanjakan sehingga merasa nyaman. Jika kondisi ini terbangun dengan baik, maka dipastikan peserta didik akan belajar dengan baik, dan mudah memahami materi yang ditransfer oleh pendidik(guru).
2. Otak Limbik
Setelah otak Reftil terpuaskan, selanjutanya pelajar akan mampu berkonsentrasi dengan baik. Kemampuan siswa berkonsentrasi dengan baik dikendalikan oleh otak Limbik. Otak Limbik berfungsi untuk mengendalikan emosi, kenangan, dan gairah (stimulasi). Segala informasi yang ditangkap oleh indra akan terdeteksi oleh otak Limbik. Kemudian disave. Selain itu kemampuan pengendalian fungsi tubuhpun dikendalikan oleh otak Limbik.
3.Otak Neokorteks
Semua informasi yang sudah masuk kedalam otak akan diolah pada otak Neokorteks. Otak neokorteks berfungi sebagai berikut : Berpikir, Berbicara, Melihat, Mencipta. Dan kecerdasan yang lebih tinggi terdapat di dalam otak Neokorteks.
Karena alam bawah sadar kami sudah terkendalikan dengan baik. Seperti inilah hasilnya. Kami aktif dalam pembelajaran. Satu yang saya ingin bagi meski sebgai orang baru yang membuat RPP-pun belum mengerti. Karena proses awal yang memang menyenangkan, membuat saya mampu untuk membuat RPP dengan lumayan baik. Hal ini tentunya dengan bantuan teman-teman, beserta pemateri yang menggiring saya ke dalam dunia belajar yang menyenangkan.
Iklan