BAB XI
PENUTUP
A.    Pentingnya PTK
Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, ciri khas PTK adalah dimulai dari adanya permesalahan dalam pembelajaran dan dilakukan untuk menemukan solusi dari permasalahan dalam pembelajaran tersebut. Siklus PTK dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi refleksi. Refleksi merupakan pemaknaan dari hasil penelitian tindakan kelas.
B.     Penyebab Kurang Kuatnya Dampak PTK pada Pendidikan
Penelitian didominasi oleh peneliti di perguruan tinggi, penyebar luasan hasil penelitian yang lambat dan kurangnya kerjasama antara guru dan dosen.
C.     Pelaksanaan PTK saat ini
PTK seharusnya dilakukan secara kolaboratif antara guru bersama dengan dosen, guru menemukan masalah dalam kegiatan pembelajaran kemudian bersama dosen merumuskan dan melakukan penelitian, sehingga ide dasar penelitian berawal dari guru, bukan dari dosen. Namun sekarang setiap guru bersemangat mengerjakan PTK untuk mendapatkan sertifikasi, bukan untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran di kelasnya. Padahal ketrampilan menulis, sangat penting bagi seorang guru profesional, terlebih ketrampilan menulis PTK. Guru profesional dituntut untuk dapat berinovasi dan mengekspresikan gagasannnya melalui berbagai media.
D. Harapan penulis
1. media massa dapat memberikan ruang khusus untuk mewadahi gagasan tertulis guru
2. rekan sesama guru dapat terus berkarya melalui tulisan,utamanya PTK
3. pejabat terkait dapat memberikan bimbingan dan motivasi kepada guru untuk dapat terus berkarya lewat tulisan, utamanya PTK.

Referensi: Kusumah, Wijayanti, Dwitagama Dedi. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Indeks.

Selamat Membaca dan semoga bermanfaar

 😉
Iklan