BAB VI
LANGKAH-LANGKAH PTK
A.    Langkah-langkah penelitiantindakan kelas
1.      Adanya ide awal
Ide awal yang menggayut di PTK adalah terdapatnya permasalahan yang berlangsung di dalam suatu kelas, ide awal tersebut diantaranya berupaya upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi permasalahan.
2.      Prasurvei
Dimaksudkan untuk mengetahui secara detail yang terdapat dikelas yang akan diteliti. Untuk pengajar yang berada di kelas tanggungannya tidak perlu melakukan prasurvei karena dia sudah tau permasalahan yang ada di kelasnya.
3.      Diagnosis
Diagnosis dilakukan oleh peneliti yang tidak terbiasa mengajar di kelas yang dijadikan sasaran penelitian. Dengan diperolehnya hasil diagnosis, peneliti PTK akan dapat menentukan berbagai hal, misalnya strategi pengajaran, media pengajaran, dan materi pengajaran yang tepat dalam kaitannya dengan implementasi PTK. Diagnosis tidak diperlukan bagi guru yang melakukan PTK di kelasnya sendiri.
4.      Perencanaan
a.       Perencanaan umum untuk menyusun rancangan yang meliputi keseluruhan aspek yang terkait PTK
b.      Perencanaan khusus untuk menyusun rancangan dari siklus per siklus
Perencanaan dimasukan di RPP dan silabus
5.      Implementasi tindakan
6.      Pengamatan
Pengamatan, observasi atau monitoring dapat dilakukan sendiri oleh peneliti atau kolabolator
7.      Refleksi
Refleksi disini ialah perbuatan merenung atau memikirkan sesuatu
8.      Penyusunan Laporan PTK
Laporan hasil PTK yaitu disusun sesudah kerja penelitian di lapangan berakhir serta harus sistematis dan sesuai dengan acuanyang telah diberikan di pelatihan PTK. Tujuan utama PTK, self-improvement melalui self-evaluation dan Self reflection.
B.     Contoh penerapan PTK
1.      Tindakan pertama
Tindakan pertama adalah implementasi serangkaian kegiatan pembelajaran seperti yang telah direncanakan untuk mengatasi masalah. Tindakan yang harus dilakukan adalah
a.       Membuat pertanyaan secara jelas dan tidak terlampau panjang
b.      Pertanyaan ditujukan kepada seluruh siswa
c.       Memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir dulu sebelum menjawab
Dalam tahap pelaksanaan tindakan, guru berperan sebagai pengajar dan pengumpul data, baik melalui pengamatan langsung, maupun melalui telaah dokumen, bahkan juga melalui wawancara dengan guru setelah pembelajaran selesai.
Data yang dikumpulkan selama tindakan berlangsung kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil analisis ini guru melakukan refleksi.
Hasil refleksi akan membuat guru menyadari tingkat keberhasilan dan kegagalan yang dicapainya dalam tindakan perbaikan. Refleksi pertama dapat dilakukan oleh guru bersama teman sejawat dengan tujuan untuk mengkaji dan menganalisis pelaksanaan tindakan pada siklus pertama dengan jalan mengidentifikasi baik kemajuan-kemajuan yang diperoleh maupun kekurangan yang dihadapi. Refleksi yang dilakukan pada akhir siklus pertama bertujuan untuk mengidentifikasi baik kemajuan-kemajuan yang telah dicapai maupun kekurangan yang diperoleh. Hasil refleksi digunakan untuk memperbaiki rencana tindakan pada siklus selanjutnya
2.      Tindakan kedua
Tindakan kedua berupa implementasi serangkaian kegiatan pembelajaran yang telah direvisi untuk mengatasi masalah pada siklus pertama yang belum tuntas. Refleksi kedua dilakukan oleh guru untuk mengkaji dan menganalisis pelaksanaan tindakan pada siklus kedua dengan jalan mengidentifikasi kemajuan dan kekurangan yang dihadapi.
Berdasarkan hasil refleksi itulah dapat disimpulkan berhasil tidaknya keseluruhan tindakan implementasi pembeljaran di dalam kelas terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Apabila siklus pada siklus kedua tujuan PTK sudah tercapai, maka tidak perlu dilanjutkan siklus selanjutnya.
C.     Implementasi PTK
1.      Bentuk dan scenario tindakan
Guru perlu membahas bentuk dan macam tindakan apa yang kira-kira paling dikehendaki untuk dicoba dan dilaksanakan di dalam kelas. Tindakan yang dipilih dapat disebutkan sebagai suatu nama tindakan atau dalam bentuk penggunaan salah satu bentuk media pembelajaran atau dapat pula strategi pembelajaran
2.      Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Keberhasilan Tindakan
a.       Menurut proses
Dari sisi proses, instrument dalam PTK harus dapat menjangkau masalah yang berkaitan dengan input (kondisi awal), proses, dan output (hasil).
b.      Menurut hal yang diamati
1)      Pengamatan terhadap guru
2)      Pengamatan terhadap kelas
3)      Pengmatan terhadap siswa
4)      Instrumen lain
a)      Pedoman pengamatan
b)      Pedoman wawancara
c)      Angket atau kuesioner
d)     Pedoman pengkajian data dokumen
e)      Tes dan assessment alternative
3.      Prosedur analisis dan Interpretasi data penelitian
Dalam PTK perhatian lebih kepada kasus daripada sampel. Hal ini berimplikasi bahwa metodologi yang dipakai lebih dapat diterapkan terhadap pemahaman situasi problematic atas dasar prediksi di dalam parameter.
Iklan