(Senin/ 01 September 2014) Menjadi awal kami untuk memulai menimba ilmu agar bisa menajadi guru yang inovatif. Di SDN Tegal Jaya II Studium Generale di laksanakan. Kegiatan ini mengambil tema ” Guru Periset Menuju Indonesia Berdaya”. Berdasarkan tema ini diharapkan peserta Studium Generale dapat menjadi guru yang mampu mengembangkan peserta didiknya menjadi anak yang cerdas dari segala sisi.

Acara ini diikuti oleh berbagai pihak. Sasaran utamanya adalah mahasiswa SGI angkatan 7. Sedangkan peserta lainnya Guru-guru yang berasal dari beberapa sekolah yang terletak di sekitar SD dan ada juga mahasiswa UNJ jurusan PGSD. Tidak terlewatkan team SGI dan dari management DD juga mengahdiri acara studium generale kali ini.

Dalam studium generale kali ini, mengupas tuntas peranan seorang guru. Guru yang seperti apa yang diharapkan untuk melakukan rekonstruksi pendidikan Indonesia ?. Tentunya guru yang inovatif. Pemateri yang didatangkan merupakan Praktisi Pendidikan, yaitu ibu Ir. Itasia Dina Sulvianti M,Si. Sebagai praktisi Pendidikan tentunya beliau sudah malang melintang bekerja untuk pendidikan. Setiap harinya diisi untuk memotivasi guru-guru indonesia agar mampu menjadi guru periset. Beliau juga banyak mengisi pelatihan-pelatihan lainnya yang sesuai dengan keilmuannya. Selain itu, beliau juga memiliki kesibukan Sebagai dosen pengampu mata kuliah Statistika di kampus IPB.

Mengawali karir sebagai guru tentunya menjadi pengalaman tersendiri. Berdasarkan biodatanya, beliau sudah membentuk sebuah sekolah “Winakrama” yang kini sudah berkembang, dan memiliki 6 cabang di berbagai daerah di Indonesia.

Telah banyak dikupas oleh beliau, bagaimana agar para guru di era modern ini, khususnya guru muda. Agar bisa melakukan Inovasi dalam peroses belajar- mengajar. Hal ini bisa berdampak pada siswa. Inovasi bisa dilakukan ketika sudah ada evaluasi.

Tugas guru sebagai pendidik yang harusnya profesional. Dimana tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, Membimbing serta melatih peserta didik. Lebih dari itu seorang pendidik harus mampu mengevaluasi peserta didik. Sehingga di kemudian hari guru mampu melakukan inovasi baru.

Nah berbicara Inovasi ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh seorang guru. Apa saja tahapannya ?. Berikut yang sudah di jelaskan Ibu. Ir. Itasia : seorang guru harus Kreatif. Proses kreatif ini berawal dari seorang guru yang memiliki imajinasi, kemudian terbentuklah sebuah kreatifitas, dan hasilnya adalah beberapa inovasi yang bisa di laksanakan di tataran teknis ketika menghadapi peserta didik.

Tiga langkah sederhana menuju guru kreatif ini pernah beliau aplikasikan dalam proses belajar berbasis data. Proses belajar berbasis data mencakup banyak aspek yang bisa menunjang perkembangan karakter anak didik. Dimana anak didik dituntut untuk memiliki akhlak mulia, yang diaplikasikan melalui aktifitas keagamaan seperti shalat sunah Dhuha yang rutin harus di lakukan oleh anak didik setiap paginya. Inlah cara merangsang kemampuan berfikir dan menerima hal positif yang bisa dilakukan kepada anak didik.

Melalu proses belajar berbasis data, anak didik di harap mampu memiliki kompetensi yang baik, tentunya sesuai bidamg keahlian yang disukai anak didik, dan dapat mnunjang proses belajar menajar dengan baik.

Kepekaan sosial menjadi salah satu sorotan penting juga dalam proses belajar mengajar berbasis data ini. Anak didik dikelompokan agar saling mengenal lebih jauh rekan satu kelompoknya dan saling bersosialisai.

Kebersihan dan keindahan lingkungan di sekolah saat ini sedang hangat-hangatnya menjadi tema sekolah. Kepedulian terhadap lingkunganpun diperkuat melalui proses belajar.

Dan yang terakhir, anak didik ditumbuhkan jiwa kewirausahaannya. Supaya kelak memiliki keahlian lebih dalam dunia wirausaha. Seperti kita ketahui bahwa pintu rezeki lebih banyak terbuka dari jalan perdagangan (Wirausaha). Semua proses tersebut saya kira bisa dilakukan dengan bantuan teknologi canggih pada saat ini.

Diera modern ini teknologi tentunya bisa menjadi bahan yang sangat menunjang dalam membuat sebuah inovasi. Dengan teknologi ini, dikira akan mampu menjadikan proses inovasi pendidikan. Terlebih teknologi sudah menjadi kebutuhan pokok dalam segala bidang.

Saya ucapkan selamat berinovsi bagi guru-guru harapan bangsa. Bangunlah negeri ini dengan membentuk karakter siswa tangguh, amanah dan bertanggungjawab. Sehingga kelak bumi Indonesia akan menemukan titik gemilang yang kita harapkan.. #KeepExcelent

Iklan