Malam semakin larut. Selepas Shalat Isya semua anggota SGI angkatan VII segera bergegas membereskan tenda. Hujanpun mereda, alam mendukung kami. Hari ini Jumat/ 29-Agustus 2014, kami bergegas untuk menutup acara Military Supercamp. Acara Military Supercamp berlangsung selama  dua hari. Penutupan dilaksanankan di bawah kaki Gunung Salak, tepatnya bukit Bunder.

Bukit Bunder menjadi saksi bisu komitmen anggota SGI VII dalam menjalankan masa bakti selama setahun kedepan. Bahkan kami azamkan seumur hidup. Di bawah langit yang menghitan, dimana bintang gemintang kerlap-kerlip menghiasinya. Di sebuah lapangan alam, dimana rumput-rumput hijau terhampar luas. Obor-obor kecil mengelilingi kami. Apinya yang kuning menyala menyinari hutan gelap.

Acara penutupan Military Supercamp dimulai tepat jam 23.00 WIB. Semilir angin menusuk tulang, tapi semangat kami tetap berkibar. Kami berdiri dengan rapi diatas rumput hijau yang mulai berembun. Tepat di depan kami, ada sebuah bendera Merah-Putih berkibat-kibar terhempas angin malam. Jiwa nasionalis kami tiba-tiba menjalar dari hati menuju ubun-ubun. Berat rasanya jika niat kami untuk mendidik tidak dilandaskan ikhlas lillahitaal.

IMG_20140830_065741

Sebelum pelaksannan upacara, kami melakukan latihan kecil, untuk mengurangi kekeliruan saat pelaksanaan. Masing-masing dari kami memiliki tugas. Ada Harahap sebagai pemegang dan yang membacakan “Komitmen Bersama”, Suko sebagai pembawa obor, dan Kadavi pembaca Sumpah.

Tahap demi tahap kami lewati dengan penuh rasa hikmat. Ada yang menarik saat penyalaan api unggun. Salah satu petugas dari Tentara AD menyalakan api di atas sebilah bambu yang sudah terbelah memanjang. Tanpa kami tahu sebelumnya, terdengar ledakan hebat  tepat diatas kepala kami. Ini bukan bom, ataupun tembakan peringatan.

Percikan api dengan bentuk khas menyala-nyala di atas sana. Beberapa kali ledakan terus beriringan. Suasana ini menambah gelora semangat di hati. Aku sadari “Mungkin inilah tempat yang selama ini saya cari”. Beberapa dari kami menengadahkan kepala ke langit gelap yang dihiasi bintang-bintang. Dan beberapa lagi khusu menyanyikan lagu “Bagimu Negeri”.

Memasuki acara inti kami bacakan Komitmen Bersama. Isi dari komitmen ini bukan sekedar bagus dari susunan katanya. Melainkan bentuk janji kami yang harus dilaksanakan kelak.

IMG_20140830_071054

Lagu kebangsaan “indonesia Pusaka” kami lantunkan. Hembusan angin masih kuat. Tapi tidak sekuat suara kami. Hingga pembacaan komitmen bersama usai. Ditutuplah acara military Supercamp dengan saling bermusafahah antara pelatih dan peserta.

Kesahduan tidak lepas meliputi hati dan perasaan kami. Hanya satu yang kami harapkan. Bahwa kelak kami bisa berkontribusi nyata, penuh rasa ikhlas untuk negeri ini. Tidak ada kata mundur untuk awal yang sudah kita mulai.

Bangga jadi Guru

Guru Berkarakter

Manjada wajada

Allahuakbar!!!

Iklan