Pertemuan pertama di isi dengan perkenalan. Masing-masing peserta Elementary grammar memperkenalkan dirinya. Peserta didominasi oleh para pelajar SMA yang baru lulus. Kalau ditinjau dari sukunya, kebanyakan orang makasar. Jadwal masuk bimbingan belajar di Smart adalah tanggal 10 & 25. Untuk tanggal 25 April peserta sebanyak 18 orang. Ini adalah kelas pelajaran grammar paling dasar.

Seusai perkenalan, tutor menjelaskan kontrak forum atau kalau di kampus lebih dikenal dengan kontrak belajar. Dari tahun ketahun kontrak forum ini tidak jauh berbeda. Berikut saya dajikan kontrak forum yang harus diikuti, tapi biasanya keputusan di ambil setelah didiskusikan :

KONTRAK FORUM:

  1. MATERI

Materi yang akan didalami paa elementary Grammar hanya sedikit. Namun pada praktknya peserta akan lebih banyak hafalan dan latihan. Sajian materi yang akan dipelajari sebagai berikut:

  1. Language Prolog
  2. Part Of speech

v  Verb(Kata Kerja) terdiri dari :

  1. Sentence classification
  2. Tenses in pattern
  3. Voice

v  Noun (Kata Benda)

v  Pronoun (Kata Ganti)

  1. REFERENSI

Ada 12 buku yang dianjurkan untuk dipelajari, namun hanya satu buku wajib yang harus senantiasa dibawa ketika pelajaran. Buku wajib itu adalah Oxfor Dictionary. Sedangkan yang lainnya katakanalah sunah. Untuk referensi belajar grammar sebenarnya tidak meski mengacu pada satu buku saja. Kita disarankan untuk mempelajari buku grammar yang menurut kita mudah untuk dipelajari.

  1. JADWAL

Jadwal pelajaran dibagi kedalam dua bagian:

  1. MC(main class)= Disini tutor menjelaskan materi

Waktu: 07.00-08.30 & 08.30-10.00 diantara dua jam ini kita diberi waktu istirahat sekitar 15 menit untuk makan atau meregangkan tubuh,

  1. SC(study club)= Diisi dengan belajar bersama, yaitu mempelajari soal-soal latihan, untuk meningkat kemampuan dan mempraktekan hal-hal yang sudah dipelajari.

Hari : Senin-Sabtu= ini adalah waktu efektif untuk belajar. Sedangkan hari minggu digunakan untuk tes-tes ke jenjang lanjutan.

  1. PENILAIAN

v  Kehadiran = nilai 1,38/ pertemuan

v  Latihan = latihan dilakukan ketika awal jam belaar MC atau SC. Tergantung situasi.

v  Oral

  • Preview materi = setiap pertemuan peserta akan di test kemampuan dan pemahamannya tentang materi yang sudah dipelajari pada hari sebelumnya.
  • Hafalan Irreguler Verb. Kata-kata yang dihafal hanya yang tersedia di oxfor Dictionary. Hanya sedikit sih. Paling dalam 14 hari pertemuan sudah selesai.

v  Hafalan

  • Ceratain verb = Ditransitif verb (27 kata), Linkink verb (10 kata), non progresf ( 45 kata, dan PNP (10 kata).

v  Rata-rata test :

  • Tulis : Tenses I ( awal- PNP) terdiri dari 40 soal dan waktu yang diberikan selama 6 menit. Tenses II ( awal-noun) terdiri dari 49 soal dan waktu yang disediakan sama yaitu selama 60 menit.
  • Lisan : changing tenses, terdir dari 10 soal,masing-masing harus diselesaikan selaa 2 menit/soal.
  1. KALENDER AKADEMIK

Hari ke sepuluh akan di lakukan tes. Jika nilai kurang maka bisa mengikuti tes kembali pada 4 hari berikutnya. Diakhir bulan atau akhir pertemuan kita bisa mengikuti test Toefl yaiutu tangga;l 24-25. Untuk mengikuti tes, peserta dikenakan biaya sebesar Rp.20.000 + harus menyertakan foto 3×4 sebanyak 2 lembar.

  1. TATA TERTIB

v  Keterlambatan maksimal 15 menit

v  Absen maksimal 12 kali/ 4 hari, dengan ketentuan tidak boleh lebih dari 50% absen dari masing-masing pertemuan. Jika melebihi, maka dipastikan peserta tidak bisa mengkuti tes akhir. Itu tandanya kita tidak bisa lanjut ke jenjang berikutnya.

v  Kondisi, belajar mengajarnya santai. Budaya yang asik. Tempat parkir disediakan khusus. Jika melanggar, maka siap-siap sepeda kita akan berubah posisi menjadi di atas pohon. MCK sudah disediakan di dalam secretariat, yang terdiri dari 2 MCK. Boleh makan dan minum di kelas, yang penting paham ketika ditanya, dan memperhatikan tutor ketika sedang menjelaskan. HP harus dimatikan. Dilaksanakan SC mandiri, biasanya satu minggu 2 kali yang sesuai dengan kesepakatan bersama. Bisa bikin kaos geng juga, tapi ada dua ketentuan yang harus di ikuti yaitu harus memiliki lambing Garuda dan Bendera merah putih.

Nah itulah sekelumit pembukaan pada pertemuan pertama di SMART dan di jamin Kontak forum ini tidak akan berubah drastis dari masa ke masa. Ada hukuman yang paling ekstrim,jika peserta melanggar [peraturan. Hukuman apakah itu?. Hukum Gesek, Just for boy… Mau tahu apa itu hokum gesek? Sepertinya harus dating langsung ke pare saja, biar tahu langsung. Pokonya gila abiisss.

Selamat mencoba menimba ilmu di kampung Inggris. Smoga happy.. keep study 😉

 

Catatan :

v  Untuk mengikuti kelas elementary grammar tidak dilakukan tes terlbih dahulu. Sedangkan untuk bisa mnegikuti kelas berikutnya, peserta diwajibkan megikuti tes.

v  Nilai : skor 60 peserta bisa mendapatkan sertifikat saja. Skor 71, peserta mendapatkan sertifikat + bisa mengikuti free charge untuk naik kelas.

Iklan