Merayakan World Book Day di Iboekoe

Dalam rangka meningkatkan kapasitas para pengurus TBM di Indonesia. Kemendikbud menyelenggarakan sebuah pelatihan di Yogyakarta. Peserta yang mengikuti acara ini adalah perwakilan setiap provinsi yang ada di Indonesia (34 provinsi). Salah satu rangkaian acara pelatihan di selipi dengan berkunjung ke I:boekoe. Dimana akan digelarnya sebuah acara yang dinamai Booklovers Festival. pembukaan acara ini bertepatam dengan hari buku dunia. para peserta pelatihan mengikuti agenda pembukaan tersebut. Booklovers festival diselenggarakan oleh yayasan :Iboekoe ( Indonesia Buku ). sebuah yayasan yang konsen mengembangkan dunia literasi lewat berbagai gerakannya. Booklovers festival di buka oleh wamentri kemendikbud bidang kebudayaan. Wamendikbud(Wiendu Nurhayati) membukanya dengan berorasi. Orasi yang disampaikan berjudul ” Buku Internasional, Pandangan Indonesia”.

Selain kehadiran wamendikbud. Beberapa tokoh literasi yang sudah cukup lama mengabdikan diri dalam dunia mebaca juga hadir. seperti Gus Muh, dan Galang dengan karya penomenalnya berupa buku lukisan wajah para pengunjung yang pernah datang ke sekretariat I:boekoe. Buku karyanya di beri judul “book of face”. selain itu ada juga buku “Seratus Buku Sastra” yang ikut dilauncingkan dalam festival buku ini. Buku tersebut adalah karya Muhidin, dimana Muhidin merupakan penggiat di yayasan I:boekoe.

Seusai pembukaan dan peresmian acara. Selanjutnya peserta digiring ke luar ruangan, untuk membubuhan tandatangan pada tembok di depan sekretariat. Sekretariat I:boekoe ini dinamai Bale Blackbox. Kenapa di sebut blackbox?, konon dulunya ruangan ini merupakan ruangan berbentuk box. Namun beberapa bulan sebelum pelaksanaan kegiatan Booklovers Festival, ruangan ini disulap menjadi lebih cantik dan menarik. Sudt-sudut ruangan diisi oleh buku, dengan tata letak yang unik. Diantara hal yang ,menarik dalam penempatan buku adalah. berjajarnya buku di dinding-dinding dengan ditopang sebuah besi. lebih miris seperti susunan foto dinding.

Kunjungan selesai. Dan semua peserta kembali pulang ke HQ hotel, untuk beristirahat.

alamat I:boekoe : Sewoan Indah I, Kec.Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Iklan