Gambar

Muskom merupakan singkatan dari Musyawarah Komisariat. Kali ini Muskom HIMASAKI III. HIMASAKI merupakan BEM-J di jurusan Kimia. Masa kepemimpinan sudah bergulir selama dua periode. Periode pertama dan keduadipimpin oleh angkatan 2008. Tahun 2010 ini giliran kami angkatan 2010 untuk melanjutkan estafeta kepemimpinan. Dalam Muskom kali ini aku diminta untuk menjadi seksi acara. Ternyata tugasku diseksi acara tiak seperti yang aku bayangkan. Aku diminta untuk melakukan peran lebih, karena ketua OC kali ini dinyatakan sangat sibuk. Sibuk kenapa ya, padahal dia sama-sama satu angkatan denganku. Aku mendampingi Nedhia sebagai sekretaris OC. Perempuan yang satu ini kalau dalam masalah ngoceh memang sangat berbakat. Jadi tak heran kalau dia cukup eksis dan mudah dikena.
Tidak butuh waktu lama untuk mempersiapkan agenda Muskom HIMASAKI III. Semua file yang diperlukan untuk persidangan sudah ada. Hanya butuh revisi sedikt. Sedangkan untuk drap Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) masih dalam masa penggarapan oleh para anggota HIMASAKI.
Kami lebih sering melakukan rapat-rapat kecil di selasar mesjid Ikomah. Kalau aku bilang mesjid ini adalah mesjid para aktifis. Dimana kami yang bergiat di berbagai organisasi sudah barang tentu pernah melakukan rapat di mesjid ini. Mesjid Ikomah tidak terlalu besar, sehingga kadang-kadang, di tengah-tengah rapat kami terganggu karena hilir mudik mahsiswa di sekitar selasar mesjid. Lebih tepatnya bukan mereka yang mengganggu tapi kami yang menghalangi jalan mereka hehe.

GambarGambar
Setelah agak cape mendiskusikan ini itu. Beberapa diantara kami biasanya membawa makanan. Lebih sering anak perempuan. Saking laparnya kami semua serempak untuk menyerbu makanan yang ada. Meski hanya satu mangkuk kecil, kami menikmatinya bersama. Ahai inilah mahasiswa, lebih nikmat makan bersama meski tidak kenyang hehe.
Ahirnya tiba saatnya untuk pengurus menyampaikan LPJ dihadapan kami mahasiswa kimi selaku rakyatnya. Mungkin seperti inilah gambaran kecil pemerintahan. Seperti biasa agenda dimulai dengan opening ceremony dan beberapa sambutan dari pihak yang berkepentingan. Pak Asep selaku Ketua Jurusan menyampaikan harapannya agar ketua HIMASAKI selanjutnya bisa memiliki kemampuan yang untuk memimpin oraganisasi dengan baik, dan menjadi contoh bagi seluruh mahasiswa kimia.

Gambar

Pertempuran dimulai. Kami memulainya dengan membahas agenda acara, lanjut pembahsan tata tertib persidangan, AD/ART, GBHO dan terakhir LPJ serta rekomendasi untuk kepenguruan HIMASAKI selanjutnya. Untuk membahasa tatat tertib saja kami membutuhkan waktu berjam-jam. Bagaimana dengan bagian inti? *LPJ. Rupanya kebanyakan dari peserta sidang tumbang ditengah jalan. Selepas istirahat shalat duhur beberapa orang lebih memilih untuk pulang lebih awal. Itu lah karakter sebagian mahasiswa, kadang mereka tampak tidak peduli dengan kemajuan organisasinya bahkan jurusannya mungkin? entahlah, ini hanya spekulasiku.
Tentunya agenda acara yang saya susun dibuat dengan beberapa planning. Dan ternyata ada manfaatnya juga saya dan rekan seteam saya menyusun acara denga beberapa planning. Planing pertama kami akan menyelesaikan Muskom kali ini langsung dengan pemilihan ketua umum. Tapi ternyata tidak terealisasi, karena untuk melakukan pemilihan peserta tidak memenuhi kuota yang sudah di tentukan dalam syarat-syarat pemiliha.
Pelaporan LPJ dalam muskom cukup lancer. Hanya kami selaku anggota meminta agar LPJ dirapihkan kembali, karena ada beberapa hal yang belum jelas. Intinya LPJ HIMASAKI periode 2010 ini kami terima, numun bersyarat. Dengan dirapihkannya LPJ tersebut agar memudahkan siapa saja yang menjadi pengurus selanjutnya dalam membuat administrasi yang baik.
Pemilihan kami undur menjadi mingu depannya (30-5-2011). Dan memang belum ada bakal calon satupun. Masing-masing dari kami tidak memiliki keberanian, malu, tidak percaya diri atau apalah hal-hal yang menurut kami ada pada diri kami. Meski demikian, semua orang tidak akan peduli terhadap semua alsan. Organisasi yag sudah tebentuk sejak tahun 2008 ini harus melanjutkan masa kepemimpinannya. Dan beberapa orang diantara kamipun dipaksa dengan lembut oleh teman-teman sekelas…
Kami angkatan 2009 menamai angkatan ini dengan kata GALAWER MARKISA’09. Tentunyabukan aku yang mencetskan nama ini. Tapi beberapa wanita yang cukup popular dan sua ngoceh di kelas. Pada akhirnya 3 orang diantara 33 mahasiswa kimia angkatan 2009 harus merelakan diri untuk dicalonkan menjadi Ketua HIMASAKI periode 2011-1012….
Siapakan ke-3 orang tersebut? Baca jejak perjalanna berikutnya… to be continue 

Iklan